DLH Dorong Aktifkan Kembali Bank Sampah dan Rumah Kompos di Kelurahan

Bagikan Artikel Ini:

 

Aktifkan Kembali Bank Sampah dan Rumah Kompos di Kotamobagu

BERITATOTABUAN,COM, KOTAMOBAGU –Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kotamobagu, mendorong pengaktifan kembali bank sampah dan rumah kompos di tiap desa dna kelurahan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala DLH Kotamobagu Bambang Ginoga lewat Kepala Seksi Pengolahan Limbah Haidir Mondo kepada awak media, Rabu 14 Juni 2023, seraya menyebut kalau pengaktifan kembali bank sampah dan rumah kompos tersebut, merupakan salah satu cara yang bisa digunakan masyarakat untuk mengurangi pembuangan sampah ke TPA.

“Caranya Sampah plastik dan sampah kompos pisahkan dan diolah. Upayakan yang sampai ke TPA adalah sampah yang memang tidak bisa dimanfaatkan sama sekali,” ucap Haidir.

Pernyataan Haidir Mondo tersebut menyusul data yang masuk ke DLH Kotamobagu, kalau produksi sampah di daerah tersebut, dalam 5 bulan terakhir cukup besar, bahkan mencapai 9 ribu ton.

“Dengan jumlah yang begitu besar, TPA tidak bisa lagi menampung lebih lama sampah yang masuk. Dimana, kalau dilihat dari kondisi TPA saat ini, dia hanya bisa menampung sampah masyarakat sampai tahun depan,” tambah Haidir. (*/junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.