Disbudpar Pastikan Akan Ada Karnaval Budaya Dalam Pembukaan Fesbudjaton se Indonesia Timur di Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

 

Disbudpar Kotamobagu

Kepala Disbudpar Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta ST

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –Kegiatan Festival Budaya Jawa Tondano (Fesbudjaton) se Indonesia Timur ke- XVII, yang akan berlangsung di Kota Kotamobagu pada tanggal 21-24 Juni 2023 nanti,  dipastikan bakal berlangsung spektakuler.

Pasalnya, pada kegiatan yang akan dipusatkan di Lapangan Kelurahan Sinindian tersebut, akan diikuti kurang lebih 3ribuan peserta yang datang dari berbagai daerah di wilayah Indonesia Timur. Dimana, salah satu yang akan memeriahkan acara tersebut, adalah akan adanya karnaval budaya pada saat kegiatan pembukaan nanti.

Hal ini diungkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu Ankii Taurina Mokoginta kepada awak media, Kamis 15 Juni 2023.

“Untuk mensuport pagelaran ini, pada acara pembukaan nanti ada penampilan carnaval yang saat ini tengah kami persiapkan. Mulai dari etnis Bugis, Jawa, Bali, Sanger, Gorontalo dan tentunya Bolaang Mongondow. Jadi kegiatan ini akan mengkolaborasikan semua etnis di Kota Kotamobagu sebagai wujud hidup berdampingan dalam kebhinekaan,” ujar Anki.

Menurut Anki, pihaknya sangat bersyukur agenda tahunan etnis Jaton di Indonesia Timur memilih Kota Kotamobagu sebagai tempat pelaksanaan event sehingga akan mendukung suksesnya kegiatan. “Disbudpar tentu sangat mendukung, karena ini adalah kegiatan yang melibatkan banyak orang, kita harus menangkap ini sebagai potensi ekonomi, pariwisata serta religi budaya, karena adat Jaton mengusung nilai religi, ini ada kesamaan dengan Kotamobagu karena kita adalah daerah eks swa praja yang sangat memegang teguh warisan budaya religi,” tambahnya. (*/junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.