Meriahkan HUT Koperasi ke – 76, Pemkab Asahan Melalui Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Asahan Menggelar Berbagai Kegiatan

Bagikan Artikel Ini:

Meriahkan HUT Koperasi ke – 76. Pemkab Asahan Melalui Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Asahan Menggelar Berbagai Kegiatan

BERITATOTABUAN.COM, ASAHAN –Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke-76, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Asahan menggelar berbagai kegiatan di Hutan Kota Taufan Gama Simatupang (TGS), Minggu (12/11).

Kepala Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Asahan Drs. Ilham, MM menjelaskan kegiatan yang telah dilaksanakan pada hari ini yaitu pengundian kupon lucky draw dan penyerahan sertifikat bagi koperasi Tingkat Kabupaten Asahan.

“Pada kesempatan ini, Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Asahan juga menyerahkan sertifikat dan hadiah lomba tangkas terampil Tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Asahan sekaligus launching aplikasi Mall UMKM,” ucapnya.

Aplikasi Mall UMKM ini, lanjut Ilham, merupakan salah satu cara Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Asahan untuk membantu UMKM di Kabupaten Asahan dalam memasarkan produk-produknya.

“Selain itu, mall UMKM juga dibuat untuk mensukseskan 10 program prioritas Pemerintah Kabupaten Asahan yakni Ekonomi Mandiri,” jelasnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Oktoni Eriyanto, M.M mengatakan Pemerintah Kabupaten Asahan menyambut baik atas kegiatan HUT Koperasi ke-76 tingkat Kabupaten Asahan.

“Kegiatan ini salah satu cara mendorong Gerakan masyarakat sadar berkoperasi (Gemaskop) khususnya bagi generasi muda”, ujarnya.

Pemerintah saat ini, lanjut Oktoni, fokus kepada pengembangan usaha koperasi di sektor rill, gunanya yaitu membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas.

“Kita tahu bahwa Kabupaten/Kota di Indonesia pasti memiliki potensi unggulan dalam bentuk komoditas, kerajinan, destinasi wisata atau lainnya koperasi harusnya menjadi pemain utama dalam potensi unggulan daerah tersebut, tujuannya agar manfaat dan nilai tambah yang dihasilkan dapat terdistribusi kembali keanggotanya”, ungkapnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan yang disaksikan oleh Forkopimda Kabupaten Asahan (mewakili), OPD dan tamu undangan lainnya.

Selain itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan menyerahkan sertifikat Koperasi berprestasi secara simbolis kepada 13 koperasi dan dilanjutkan pemberian hadiah kepada juara lomba tangkas terampil koperasi tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Asahan.

Juara pertama diraih oleh SMAN 3 Kisaran, juara kedua diraih SMAN 1 Kisaran, juara ketiga diraih SMAN 4 Kisaran, juara harapan satu diraih SMAN 1 Setia Janji, juara harapan dua diraih SMAN 1 Air Joman, dan juara harapan ketiga diraih SMAN 1 Meranti.

(DEDDY SIREGAR)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.