Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Gerakan Aksi Bergizi di SMAN 4 Kisaran

Bagikan Artikel Ini:

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Gerakan Aksi Bergizi di SMAN 4 Kisaran

BERITATOTABUAN.COM, ASAHAN -Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan menggelar Gerakan Aksi Bergizi di sekolah SMA Negeri 4 Kisaran, Selasa (17/10)//2023)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, dr. Hari Sapna menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini kepada masyarakat, khususnya remaja usia sekolah lanjutan akan pentingnya mempraktikkan perilaku hidup sehat dan minum tablet tambah darah secara rutin dan terjadwal.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan literasi sekolah tentang pentingnya Tablet Tambah Darah (TTD), membiasakan olahraga/aktivitas fisik, dan konsumsi gizi seimbang dan meningkatkan komitmen sekolah untuk melaksanakan kegiatan aksi bergizi secara rutin (setiap minggu),” ucapnya.

Kepada remaja putri yang akan menjadi calon ibu, lanjut dr Hari Sapna, diharapkan harus sehat dan bebas dari anemia, agar dapat melahirkan generasi penerus bangsa dalam menyongsong generasi emas 2045 yang berkualitas, berkompeten, dan berdaya saing tinggi.

“Peserta Gerakan Aksi Bergizi ini diikuti oleh 500 siswi remaja putri yang terdiri dari siswi SMA Negeri 4 Kisaran 400 orang, siswi SMK Negeri sebanyak 50 orang dan siswi SMA/SMK Al Maksum sebanyak 50 orang,” jelasnya.

Bupati Asahan melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Drs. John Hardi Nasution, M. Si mengatakan gerakan aksi bergizi disekolah merupakan salah satu betuk komitmen Pemerintah dalam rangka pencegahan stunting dengan memperhatikan gizi seimbang dan terjadinya anemia, terutama untuk para pelajar.

“Gerakan aksi bergizi ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran remaja putri dalam membiasakan menkonsumsi tablet tambah darah untuk mengurangi resiko anemia,” ucapnya.

Sekda mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak positif kepada generasi muda.

“Selamat mengikuti rangkaian kegiatan aksi bergizi ini, kiranya dapat menumbuhkan kesadaran sejak dini kepada masyarakat, khususnya para pelajar mengenai pentingnya menjalankan perilaku hidup sehat dan gizi seimbang demi terwujudnya masyarakat Asahan sejahtera yang lebih berkarakter,” ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian tablet tambah darah kepada siswi gerakan aksi bergizi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Asahan didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, OPD, Camat Kota Kisaran Barat, Kepala Puskesmas, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Kisaran dan tamu undangan lainnya.
(Deddy Siregar)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.