Guna Tingkatkan Pelayanan, RSUD Kotamobagu Bakal Launching Aplikasi FORSA BLUD

Bagikan Artikel Ini:
Maksimalkan Pelayanan Kesehatan

Guna Tingkatkan Pelayanan, RSUD Kotamobagu Bakal Launching Aplikasi FORSA BLUD

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu, dalam waktu dekat akan menggelar launching Aplikasi Transformasi Sistem Akuntansi Badan Layanan Umum Daerah atau bisa dikata Aplikasi Forsa BLUD.

Terkait itu, Kabag Administrasi Umum RSUD Kotamobagu yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu, Ns. Fernando Mongkau S.Kep M.Kes membenarkan hal itu.

“Iya jadi saat ini tenaga RSUD Kotamobagu yang terdiri dari bagian perencanaan keuangan hingga PPTK tengah mengikuti Bimtek yang diselenggarakan BPKP perwakilan Sulut, jika Bimtek itu sudah selesai, maka aplikasi Forsa BLUD RSUD Kotamobagu akan segera dilaunching. Jika tak berhalangan pekan depan, karena rekan-rekan di RSUD juga sementara melakukan penginputan Rencana Bisnis dan Anggaran atau RBA untuk rumah sakit BLUD,” ujar Kadis Kesehatan Kotamobagu.

Ia juga menjelaskan aplikasi Forsa BLUD sendiri merupakan terobosan yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat, yang berguna untuk memenuhi kebutuhan penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis aktual pada BLUD, sesuai Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 79 tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah.

“Dengan menggunakan aplikasi ini, BLUD RSUD Kota Kotamobagu diharapkan dapat mengelola keuangannya secara akuntabel, sebab Forsa BLUD sendiri merupakan tools atau alat untuk membantu tata kelola demi akuntabilitas rumah sakit. Aplikasi ini juga sangat membantu karena pengelolaan keuangan RSUD Kotamobagu nantinya sudah menggunakan sistem yang langsung terintegrasi dengan BPKP, dengan demikian tujuan RSUD Kotamobagu untuk peningkatan tata kelola keuangan yang baik bisa terwujud, karena untuk pelaporan realisasi keuangannya sendiri langsung dibawah pengawasan BPKP,” terangnya.(*)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.