Publikasi dan Dokumentasi Penetapan Hasil Pemilu 2024 Bawaslu Kotamobagu, Yunita: Sesuai Aturan

Bagikan Artikel Ini:

Publikasi dan Dokumentasi Penetapan Hasil Pemilu 2024 Bawaslu Kotamobagu, Yunita: Sesuai Aturan

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kotamobagu menggelar giat Publikasi dan Dokumentasi Penetapan Hasil Pemilu tahun 2024.

Digelar di Aula Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Senin 22 April 2024, kegiatan dibuka secara langsung oleh ketua Bawaslu Kotamobagu Yunita Mokodompit S.Sos.

Dalam sambutannya, Yunita Mokodompit mengatakan, saat ini Bawaslu tengah menghadapi sengketa perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 di MK.

“PHPU Pilpres telah selesai dan PHPU Pilcaleg itu akan kita hadapi, yang kalau tidak salah itu sidangnya tanggal 29 nanti, tapi semuanya berproses, itu bukan lagi kewenangan kita,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yunita Mokodompit menegaskan, posisi Bawaslu dalam PHPU, yakni sebagai pihak terkait.

“Pihak tergugat adalah KPU, kita adalah pihak terkait semberi keterangan dalam sidang di MK nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut, PHPU adalah hal yang lumrah dalam kontestasi pemilu. Sebab hasil Pemilu belum tentu dapat diterima oleh semua pihak.

“Terkait dengan Penetapan Hasil Pemilu, walaupun kemarin ada riak-riak kecil, karena seperti itulah kontestasi, ada yang menerima ada yang tidak, ada yang kalah ada yang menang,” ujarnya.

Meski begitu, Bawaslu Kotamobagu telah berkerja sesuai dengan prosedur dan aturan yang ada.

“Namun seperti itulah, semua itu kami lakukan sesuai dengan prosedur, sudah sesuai dengan aturan, sesuai dengan regulasi yang berlaku,” ujarnya.

“Terkait dengan kepuasan peserta pemilu, ataupun masyarakat, kita hanya bisa memberikan atau menjamin proses Pemilu itu berjalan dengan baik, tapi menjamin kepuasan masyarakat itu ada pada pribadi masing-masing, termasuk peserta pemilu,” lanjutnya.

Untuk Kotamobagu sendiri, terdapat satu laporan yang akan disidangkan nanti, yakni laporan Partai Demokrat untuk Kecamatan Kotamobagu Utara.

“Terkait PHPU, kita menjadi pihak terkait dari laporan partai Demokrat ke KPU, terkait dengan proses pemilu kemarin, khususnya yang ada di Kecamatan Kotamobagu Utara, tapi untuk proses seterusnya, itu ada di sidang MK, dan saya pikir teman-teman sekalian sudah dapat mengakses, semua informasi terkait persidangan,” ungkapnya.

Adapun proses pengawasan Bawaslu Kotamobagu akan terus berjalan hingga pengambilan sumpah nanti.

“Kami bawaslu kota Kotamobagu sudah melaksanakan semua pengawasan sejak awal tahapan pemilu hingga pada penetapan hasil pemilu dan nanti insyaAllah akan sampai pengambilan sumpah,” pungkasnya.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.