Jelang Pemilu 2024, KPUD Gelar Apel Siaga Bersama Satlinmas dan Pj Bupati Bolmut

Bagikan Artikel Ini:

BOLMUT, beritatotabuan.com – Apel siaga anggota Linmas dan PAM TPS pada pemilihan umum 2024 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dilaksanakan, Jumat (09/02/24).

Kegiatan itu dirangkaikan dengan penyerahan daftar nama anggota Linmas dan Pam TPS KPU dalam rangka kesiapsiagaan satlinmas untuk penanganan ketertiban umum, ketenteraman masyarakat dan perlindungan masyarakat.

Dijelaskannya, kehadiran Satlinmas yang sesuai amanah Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 adalah terkait penyelenggaraan perlindungan kepada masyarakat.

“Satlinmas bertugas untuk membantu penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu. Selain itu Satlinmas juga berperan untuk membantu upaya pertahanan negara,” ujarnya.

Menurut dia, kita sama-sama ingin agar pemilu sebagai implementasi demokrasi dan kedaulatan rakyat dalam negara hukum dapat berjalan lancar dan sukses.

“Maka kita memerlukan sinergi untuk mencapai kesuksesan penanganan keamanan dan ketertiban tersebut,” sambungnya.

Kolaborasi antara Satlinmas dan KPU serta elemen keamanan lainnya, katanya, akan membawa kita pada penyelenggaraan petugas penanganan keamanan dan ketertiban masyarakat yang berkualitas.

“Tentu dengan memadukan beberapa aktivitas untuk mencapai suatu hasil yang maksimal,” singkat Jamal.

Ditempat yang sama, PJ Bupati Sirajudin Lasena menerangkan bahwa pemerintah daerah telah berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama Pemilu.

“Apel siaga ini di selenggarakan demi mewujudkan Satlinmas yang siap serta handal, humanis, berdedikasi dan tegas, sebab keberadaannya menjadi strategis menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat guna meningkatkan kesiapsiagaan menjelang Pemilu,” ungkapnya.

Kedepan pemerintah daerah, lanjutnya, akan meningkatkan kapasitas Linmas ini dengan mengalokasikan biaya pembinaan melalui anggaran dana desa, sehingga satlinmas maksimal dalam berperan mencegah terjadinya gangguan keamanan yang timbul di tengah-tengah masyarakat.

Ia berharap akan tumbuh kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam mengawal proses demokrasi dalam menjaga keamanan dan kedamaian pada pelaksanaan Pemilu.
(BUY)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.