KPUD Bolmut Gelar Sosialisasi Pembentukan KPPS, Ini Penjelasan Firman Stion

Bagikan Artikel Ini:
KPUD Bolmut Gelar Sosialisasi Pembentukan KPPS, Ini Penjelasan Firman Stion

KPUD Bolmut Gelar Sosialisasi Pembentukan KPPS, Ini Penjelasan Firman Stion

BERITATOTABUAN.COM,  BOLMUT– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar sosialisasi Persiapan Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Sosialisasi ini dilaksanakan pada seluruh PPS dan PPK se-Kabupaten Bolmut. Kegiatan yang dilaksanakan pada enam kecamatan di Kabupaten Bolmut ini terselenggara sejak Jumat, 8 Desember – Minggu, 10 Desember 2023.

Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM Firman SY. Stion menyampaikan sosialisasi ini penting dilaksanakan untuk menyamakan pemahaman tentang syarat dan ketentuan serta pelaksanaan seleksi KPPS di lapangan.

“Karena memang kerja-kerja KPPS ini sangatlah urgen. Wajah KPU pada 14 Februari itu berada di tangan KPPS. Sebab, mereka ini bersentuhan langsung dengan surat suara, kotak suara, dan secara langsung melakukan perhitungan suara,” ucapnya.

Oleh karena itu, kata Firman, PPS harus benar-benar memahami dengan jelas syarat dan ketentuan yang harus dilaksanakan pada pelaksanaan rekrutmen KPPS nanti.

“Kita tidak menginginkan adanya pemungutan suara ulang karena adanya masalah di lapangan saat pemungutan dan perhitungan suara. Maka tidak boleh disepelehkan tahapan seleksi KPPS ini,” ujarnya.

Firman menekankan pentingnya partisipasi aktif PPS bersama dengan seluruh unsur. Menurutnya, kerjasama yang baik antara seluruh elemen akan memastikan kelancaran proses seleksi KPPS nanti.

“Komitmen dari kita semua juga sangat diperlukan untuk memastikan bahwa setiap tahapan persiapan, termasuk rekrutmen KPPS, dilaksanakan dengan transparan dan profesional. Ini demi menjaga integritas serta kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi di Kabupaten Bolmut,” tambahnya.

Oleh sebab itu, kata dia, sosialisasi ini menjadi kesempatan bagi PPK dan PPS untuk mengajukan pertanyaan dan memperoleh klarifikasi terkait proses seleksi KPPS.

Di akhir penyampaian, Firman mengajak kepada semua pihak untuk terlibat aktif dalam menjaga kualitas penyelenggaraan pemilu demi menciptakan pemilihan yang bersih dan akuntabel.

“Kita berharap agar setiap KPPS yang terbentuk nantinya benar-benar memahami tanggung jawabnya. Dan kami berharap juga agar KPPS nanti dapat menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, netralitas, dan integritas tinggi demi terciptanya pesta demokrasi yang berkualitas di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,” pungkas Firman SY. Stion.
(FAD)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.