Hasil Evaluasi SPBE 2023, Pemkab Probolinggo Masuk Kategori Baik

Bagikan Artikel Ini:

Hasil Evaluasi SPBE 2023, Pemkab Probolinggo Masuk Kategori Baik

BERITATOTABUAN.COM, PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dinilai baik dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023. Hal itu didasarkan dari hasil evaluasi SPBE tahun 2023 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI.

Dari hasil evaluasi SPBE 2023, Kabupaten Probolinggo memperoleh nilai indeks sebesar 3,33 dengan predikat “Baik”. Nilai indeks ini mengalami kenaikan yang semula pada tahun 2022 hanya meraih 2,42 dengan predikat “Cukup”.

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si mengaku bersyukur atas raihan predikat Baik dari Kementerian PANRB atas evaluasi SPBE tahun 2023. Terlebih ada peningkatan nilai indeks dibandingkan dengan tahun 2022.

“Alhamdulillah, proses transformasi digital dan penerapan SPBE yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam beberapa tahun terakhir kembali berbuah apresiasi. Kementerian PANRB memberi nilai 3,33 atau predikat Baik atas hasil evaluasi SPBE yang diselenggarakan pada 2023,” katanya.

Menurut Pj Bupati Ugas, capaian dalam penerapan SPBE ini menjadi kado manis awal tahun 2024 bagi Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Tentunya capaian ini semakin melengkapi prestasi yang sudah diraih selama tahun 2023.

“Untuk tahun 2024 ini, kami berkomitmen semua pelayanan akan dilakukan secara digital. Termasuk juga dalam pemungutan retribusi dan pajak. Harapannya semoga tahun mendatang, capaian nilai SPBE di Kabupaten Probolinggo bisa semakin meningkat,” harapnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Heri Mulyadi mengungkapkan bahwa Kominfo Kabupaten Probolinggo masih belum puas dengan capaian tersebut. Pihaknya akan terus berupaya agar indikator SPBE Kabupaten Probolinggo mendapatkan nilai memuaskan.

“Dari 47 indikator penilaian akan kita maksimalkan di tahun 2024. Mohon doa dan dukungan semua perangkat daerah agar bisa mengintregasikan semua aplikasi yang dimiliki sehingga memberikan manfaat yang lebih besar. Walaupun saat ini ada peningkatan nilai, tapi kita akan terus mengejar agar mendapatkan nilai memuaskan,” ungkapnya. (Ali Makhfud)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.