ADV2 ADV2 ADV2 ADV2 ADV2

Pemkab Bolsel Persiapkan Pelaksanaan Festival Tulude

Share This:

Pemkab Bolsel Persiapkan Pelaksanaan Festival Tulude

Resly Paputungan SPd

BERITATOTABUAN.COM, BOLSEL – Perhatian Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dibawah kepemimpinan Bupati Hi Herson Mayulu SIP, terhadap keragaman adat dan budaya di daerah itu ternyata cukup besar. Terbukti, meski masih masuk dalam wilayah Bolaang Mongondow Raya, namun Pemkab Bolsel rupanya tidak menafikkan kehadiran sejumlah suku yang saat ini bermukim di wilayahnya.

Ini tercermin dari rencana Pemkab Bolmong Selatan lewat instansi teknis terkaitnya, dalam hal ini Dinas Pwriwisata yang berencana akan menggelar festival Tulude. “Acara tersebut direncanakan akan digelar pada akhir Januari nanti,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Bolsel Resly Paputungan SPd kepada beritatotabuan.com, Selasa (24/01/2017) kemarin di ruang kerjanya.

Resly mengatakan kalau Tulude merupakan adat dan budaya yang bersal dari tanah Nusa Utara dalam hal ini Kabupaten Sangihe, dimana untuk Kabupaten Bolmong Selatan sendiri menurutnya sudah 4 kali menggelar festival tersebut. “Dalam fesital itu akan digelar acara masamper, perahu hias, dan juga berbagai kegiatan lainnya,” tambahnya.

Resly berharap kegiatan itu akan lebih mempererat hubungan antar warga yang ada di Kabupaten Bolmong Selatan. Dimana, hal tersebut menurtunya akan ikut menunjang proses pembangunan di daerah tersebut. (hamka taamole/jun)

author

Author: